Tips Bersepeda di Medan Tanjakan

Nov 3rd, 2008

Bike-To-Work ataupun bersepeda secara rutin menggunakan sepeda Mountain Bike (MTB), anda tentu akan menghadai berbagai macam medan yang harus anda taklukan. Medan yang paling sering Anda temui dan hadapi sekaligus paling menrik. Berikut ini Tips menaklukan medan tanjakan menggunakan sepada Mountain Bike (MTB):

1. Ban. Pemeriksaan ban merupakan pemeriksaan dasar yang perlu anda lakukan sebelum mulai bersepeda. Kurang Angin pada ban akan berpengaruh pada laju sepeda anda dalam tanjakan.

2. Pemilihan Frame. Pemilihan frame sedikit berpengaruh pada kenyamanan Anda dalam melalui medan tanjakan panjang. Frame dengan tipe hardtail lebih cocok digunakan untuk menaklukan medan ini, dibandingkan tipe fulsus ataupun dirtjump (DJ). Karena tipe hardtail cenderung lebih stabil dibandingkan dengan fulsus yang cenderung berayun ketika dipakai menanjak sehingga sedikit berpotensi menguras tenaga kita.

3. Posisi Sadel. Posisi atau tinggi rendah sadel, sebenarnya tidak begitu berpengaruh, apabila Anda sudah expert menaklukan jalur tanjakan. Namun bagi Anda yang merasa berat ketika melalui jalur tanjakan, ada baiknya Anda melakukan sedikit adjustment pada tinggi rendah posisi sedel. Pelajari jalur yang akan anda lalui, perkirakan jalur tanjakan yang akan hadapi, apabila jalur tanjakan dominan pada rute perjalanan Anda, pertinggi posisi sadel. Sebaliknya rendahkan posisi sadel apabila rute yang Anda lalui berupa jalur turunan.

4. Pemilihan Gear. Pemilihan gear merupakan kunci Anda menaklukan jalur tanjakan yang panjang. Bagi Anda yang memiliki fisik kaki yang kuat, anda bisa menggunakan gear belakang (rear-gear) kecil pada saat medan tanjakan, namun bagi anda yang tidak memiliki fisik kaki yang kuat, gunakan gear belakang (rear gear) besar untuk melalui medan ini. Metode kedua ini akan lebih menekankan pada kerja jantung dan pernafasan Anda, seperti ketika anda melakukan treadmill. Sehingga laju sepeda anda cenderung pelan tapi konstan dan energi anda akan bertahan lama.

5. Air Minum. Pada saat melalui medan tanjakan, energi anda akan sangat terkuras dan banyak cairan anda yang terbuang dalam bentuk keringat. Akan sangat membantu apabila Anda menyertakan air mineral dalam perjalanan anda sebagai penggati cairan anda yang hilang.

6. Posisi Beban. Apabila anda membawa beban seperti backpack, posisi dalam membawa juga perlu diperhatikan. Untuk tangakan dengan slope landai, penempatan backpack tidak bergitu terasa mengganggu, namun untuk tanjakan dengan slope terjal dan panjang, sebaiknya anda segera pindahkan posisi backpack ke bagian depan. Karena gaya berat anda juga akan berpindah ke depan, sehingga tidak terlalu menghambat laju anda.

[artikel ini dicopy buat http://tipsanda.com/2008/11/03/tips-bersepeda-menaklukan-medan-tanjakan/%5D

~ by tmsoke on April 9, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: