Persiapan Sebelum Bersepeda

Sebelum kita melakukan perjalanan, dalam bersepeda ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh pengguna sepeda, agar perjalanan kita nyaman dan mengasyikkan.

Sepeda

Sebelum ber-MTB sebaiknya Anda yakin bahwa sepeda Anda dalam kondisi baik. Periksa karet rem apakah berfungsi sempurna, kondisi ban dalam keadaan baik (termasuk tekanan anginnya), stang dan sadel apakah sudah dibaut dengan kencang dan sesuai dengan posisinya, kabel-kabel rem, rantai, pedal, dan lainnya. Apakah semuanya sudah OK?

Perlengkapan

Siapa yang mau mendapatkan trouble dijalan?. Tapi ada baiknya Anda melengkapi perjalanan dengan perlengkapan darurat. Bawalah beberapa kunci-kunci penting untuk membuka baut sepeda Anda (kunci roda). Jangan lupa juga bawa pompa ban, lem perekat, tali,  dan perlengkapan lain menurut Anda penting. Selain itu, bawalah makanan atau minuman secukupnya.

Apabila perjalanan yang Anda  tempuh cukup panjang dan melewati daerah yang sama sekali belum Anda kenal, sebaiknya Anda membawa peta. Atau mungkin Anda harus berjalan pada malam hari, maka lengkapi sepeda Anda dengan lampu.

Jika sewaktu-waktu terjadi ban pecah atau bocor di tengah perjalanan, dan kita tidak membawa pompa atau ban dalam cadangan, bisa dipastikan perjalanan kita bakal buyar. Membawa pompa, sangat bermanfaat bagi kita atau bagi teman seperjalanan. pastikan dalam tim anda, minimal membawa 1 pompa tangan.

Pakaian

Untuk perjalanan yang panjang, maka Anda harus mempersiapkan pakaian secukupnya. Bawalah pakaian yang sederhana dan mudah diganti. Apabila Anda bepergian ke daerah yang dingin, maka sangat dianjurkan agar Anda membawa baju dingin karena sangat berguna saat Anda berhenti di suatu tempat, mungkin karena beristirahat atau mungkin juga karena keadaan darurat disebabkan kerusakan sepeda. Ada baiknya Anda pun membawa sedikit obat-obatan seperti salep/balsem, lotion anti nyamuk atau body lotion.

Alat Komunikasi

Ada kalanya Anda bersepeda di daerah yang jauh dari keramaian penduduk. Sehingga pada saat mengalami kecelakaan atau kerusakan sepeda perlu adanya pertolongan pihak-pihak lain. Untuk itu Anda harus mempersiapkan alat komunikasi yang bisa digunakan untuk menghubungi orang lain atau pos-pos penjagaan. Takutnya Anda berada berkilo-kilo meter dari pos penjagaan terdekat dan harus mendorong sepeda sendiri karena tidak adanya bala bantuan..ihh..cape deh !!

Beritahu Sebelum Berangkat

Jangan lupa memberitahu orang terdekat sebelum Anda memutuskan berangkat bersepeda. Karena jika dalam kondisi tertentu Anda mengalami musibah maka panitia penyelenggara akan segera dapat menghubungi keluarga Anda. Selain itu, jangan segan memberitahu nomor telepon rumah Anda kepada teman seperjalanan atau panitia penyenggara agar mereka pun bisa menghubungi keluarga Anda saat keluarga Anda memang dibutuhkan.

Jangan Segan Belajar

Jika Anda belum berpengalaman, disarankan Anda menyusuri jalan dengan orang yang telah berpengalaman. Minta kepada mereka agar senantiasa mendampingi Anda. Sekaligus belajar bagaimana mengendarai sepeda yang baik, atau cara memeriksa kondisi kelayakan sepeda Anda. Hal ini akan membuat Anda menjadi percaya diri dan semakin berani.

Etika di jalan

Kita harus bisa menghargai dan menghormati pemakai jalan yang lain saat Anda bersepeda. Tidak lepas Anda pun akan melewati daerah-daerah yang mungkin banyak orang, hewan, atau jalan yang ramai oleh kendaraan bermotor.

Ayobersepeda!

~ by tmsoke on April 9, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: